--> Skip to main content


     Cari info lainnya:

  

Cara Screenshot Panjang di iPhone


tutorial SS panjang di HP iphone


Bagaimana cara tangkap layar -- tapi ukuran panjang, di HP iPhone? Sama seperti di smartphone Android, di iPhone pun anda juga bisa melakukan screenshot panjang. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mempraktekkannya, antara lain:


1. Screenshot Panjang pakai fitur bawaan iPhone (hanya untuk iOS 15 dan yang lebih baru)

Nah jika anda adalah pemilik iPhone dengan iOS 15 dan yang di atasnya, begini tutorial ambil SS panjang di iPhone tersebut::

1). Pilih halaman di layar iPhone yang ingin anda skrinsut, misalnya halaman sebuah artikel di portal berita online.

2). Lakukan screenshoot dengan menekan tombol "Power" di bagian kanan iPhone + tombol "Volume Atas" secara bersamaan. Tahan selama beberapa detik.

3). Setelah tangkapan layar dibuat, di bagian bawah sudut kiri akan muncul tampilan pratinjau kecil dari tangkapan layar. Ketuk pratinjau tangkapan layar tersebut.

4). Silahkan pilih tulisan "Full Page" di bagian atas layar. Ini akan menampilkan seluruh halaman dengan ikon warna biru di sekitar tangkapan layar.

5). Anda juga bisa menandai atau mengedit tangkapan layar sebelum menyimpannya. Jika sudah oke, silahkan tap "Done" di sebelah kanan atas layar iPhone anda.

6). Terakhir, pilih "Save PDF to Files" atau "Save to Photos" untuk menyimpan screen shoot panjang yang tadi anda ambil.


2. Screenshot Panjang Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika iPhone anda tidak support iOS 15 ke atas, maka anda bisa menggunakan cara alternatif berikut ini. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti "Stitch It!" atau "Tailor" yang dapat diunduh dari App Store. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1). Unduh dan instal aplikasi screenshot panjang yang anda pilih di App Store.

2). Buka aplikasi tersebut, dan ikuti instruksi yang tertera di sana.

3). Lakukan tangkapan layar seperti biasa, dan aplikasi akan menggabungkan tangkapan layar menjadi satu gambar panjang.

4). Terakhir, simpan hasil screenshot panjang yang dibuat di aplikasi tersebut, ke galeri iPhone anda.


Nah itulah dia 2 cara untuk screenshot panjang di iPhone, yakni bagi pengguna iOS 15 ke atas, dan bagi pengguna iOS di bawah 15. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya ! (af)


Baca Juga
> Jual iPhone X Second 2 Jutaan
> Jual iPhone 11 Second 3 Jutaan
> Jual iPhone 12 Second 3 Jutaan
> Jual iPhone 13 Second 5 Jutaan
> Jual iPhone 14 Second 6 Jutaan
> Jual iPhone 15 Second 9 Jutaan

Author Image

Author



close