Skip to main content

21 Cara dan Tips Menghemat Baterai iPhone Paling Ampuh Agar Baterai Awet dan Tak Cepat Habis


iOSpedia.net - Baterai yang boros / cepat habis menjadi salah satu permasalahan pemilik smartphone, tak terkecuali iPhone. Betapa tidak, baru sebentar dipakai -- baterai berkurang sangat cepat, tentu hal itu sangatlah menyebalkan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi baterai iPhone yang boros?

Adakah tips / cara menghemat baterai iPhone agar awet dan tak cepat habis?

Jawabannya tentu saja ADA, dan akan diuraikan di sini. Tidak tanggung-tanggung, ada 21 cara agar baterai iPhone lebih hemat yang akan kami paparkan di sini.

Apa sajakah tipsnya?


tips cara menghemat baterai iphone agar awet tak cepat habis
Tips menghemat baterai iPhone agar awet / image via Pixabay


1. Gunakan fitur Low Power Mode

Tips pertama untuk menghemat baterai iPhone adalah, dengan mengaktifkan fitur Low Power Mode. Fitur ini sangat bermanfaat dan bisa menghemat baterai hingga 20-30%.

Adapun cara mengaktifkan fitur Low Power Mode adalah dengan membuka menu Settings > Battery > Geser Low Power Mode.

Meski bagus untuk menghemat baterai iPhone anda, cara ini memiliki kekurangan yakni dapat menurunkan kinerja seperti efek visual, pengunduhan email, dan Siri.


2. Nonaktifkan Fitur Background App Refresh pada iPhone

Bagi yang belum tahu, fitur Background App Refresh adalah fitur untuk memperbarui informasi di aplikasi. Contohnya ketika ada ratusan chat yang masuk, anda bisa membacanya tanpa harus membuka aplikasi chat tersebut.

Namun keberadaan fitur ini bisa menguras tenaga baterai iPhone, lantaran 'dipaksa' bekerja setiap saat.


Adapun cara untuk mematikan fitur Background App Refresh pada aplikasi tertentu bisa dilakukan dengan memilih menu Settings > General > Background App Refresh.

Silahkan pilih aplikasi apa saja yang ingin diaktifkan dan dinonaktifkan pada Background App Refresh.


3. Matikan fitur lokasi anda (Location Services)

Penggunaan fitur Location Services sangat menguras baterai iPhone. Alangkah baiknya agar fitur ini dinonaktifkan saja, jika anda tidak pergi kemana-mana. Jadi, aktifkan kalau anda sedang menggunakan GPS atau aplikasi transportasi online saja.

Adapun cara menonaktifkan fitur lokasi anda (Location Services), silahkan pilih menu Settings > Privacy > Location Services > Geser Location Services.


4. Nonaktifkan Widget yang Tak Terpakai

Di tampilan layar utama iPhone (geser ke kanan atau ke bawah) terkadang ada widget-widget tertentu yang aktif secara default, seperti widget saham, cuaca, kalender, siri, dan lainnya. Apabila anda ingin mengemat baterai iPhone anda, silahkan matikan saja widget-widget yang tak terpakai.

Untuk caranya bisa dilakukan dari layar utama iPhone, geser layar ke bawah > geser ke kiri > pilih Today > geser ke paling bawah > Edit > Tutup aplikasi yang tidak terpakai.


5. Tutup aplikasi yang tak terpakai

Terkadang kita lupa menutup aplikasi yang sudah lama tak digunakan. Padahal aplikasi yang masih aktif bisa menguras kinerja baterai dan tentunya processor.

Dengan mematikan aplikasi yang sudah tak terpakai, anda bisa menghemat baterai dan kinerja processor iPhone anda.

Adapun cara menutup aplikasi yang tak terpakai, silahkan tekan tombol Home dua kali, lalu geser ke atas pada aplikasi yang ingin ditutup.


6. Nonaktifkan Fitur Reduce Motion

Fitur Reduce Motion pada iPhone membuat tampilan transisi dari menu ke menu semakin bagus, dinamis, dan enak dilihat. Sayangnya, keberadaan fitur ini bisa menguras baterai iPhone anda.

Apabila anda tidak terlalu peduli dengan efek dinamis tersebut, anda bisa mematikan fitur Reduce Motion pada iPhone anda. Caranya adalah dengan memilih menu Settings > General > Accessibility > Reduce Motion > Matikan Reduce Motion.


7. Lakukan Kalibrasi Baterai Minimal Sebulan Sekali

Apa itu kalibrasi baterai?

Kalibrasi baterai adalah proses menghabiskan baterai hingga mati total, lalu mengisi daya sampai penuh dalam keadaan mati.

Proses ini juga sangat bagus untuk baterai iPhone anda, karena bisa menyegarkan baterai sehingga bisa awet dan performanya tetap bagus. Usahakan proses ini anda lakukan secara rutin, minimal sebulan sekali.


8. Nonaktifkan fitur Airdrop pada iPhone anda

Fitur Airdrop adalah fitur 'pencarian' sesama perangkat Apple agar bisa terhubung. Alangkah baiknya agar anda mematikan fitur ini jika tidak digunakan.

Perlu anda ketahui, ketika Airdrop aktif iPhone akan terus-menerus mencari perangkat Apple lainnya untuk saling terhubung, dan saat tidak digunakan hal ini hanya buang-buang baterai saja.

Adapun cara mematikan Airdrop adalah dengan Swipe Action Center (geser ke atas pada tampilan utama), dan jika Airdrop aktif, tap lalu pilih Receiving Off untuk menonaktifkannya.




9. Matikan fitur WiFi jika tak terpakai

Sama halnya dengan Airdrop, apabila fitur WiFi tak terpakai silahkan anda matikan saja. Apalagi jika iPhone anda sudah terhubung ke internet dengan data seluler (tidak memakai WiFi), matikan saja guna menghemat baterai.


10. Matikan fitur Siri pada iPhone anda

Siri adalah fitur asisten pribadi pada iPhone yang menerima perintah dalam bentuk suara. Sayangnya, karena fitur ini menggunakan bahasa Inggris, tidak banyak pengguna iPhone di Indonesia yang memakai dan memanfaatkan Siri.

Jika anda salah satu pengguna iPhone yang tidak menggunakan Siri, silahkan matikan saja fitur ini guna menghemat baterai iPhone anda. Adapun cara mematikan Siri bisa dilakukan dengan memilih menu Settings > Siri and Search > matikan fitur Hey Siri.

Jangan lupa juga untuk mematikan pilihan 'home for Siri' jika anda tidak pernah memakai Siri dalam kehidupan sehari-hari.


11. Nonaktifkan jaringan LTE / 4G jika tidak tersedia di daerah anda

Apabila anda tidak memiliki paket data 4G atau tinggal di daerah yang tidak didukung jaringan 4G/LTE, lebih baik matikan saja jaringan tersebut dan gunakan 3G saja.

Jaringan 4G/LTE memang memberikan kecepatan akses internet yang lebih bagus, namun berakibat pada borosnya penggunaan baterai iPhone anda. Jadi lebih baik dinonaktifkan saja apabila tidak dipakai, agar baterai iPhone anda lebih awet.

Adapun cara menonaktifkan fitur 4G/LTE pada iPhone bisa dilakukan dengan membuka menu Settings > Cellular > Cellular Data Options > Voice & Data > dan pilih 3G.


12. Nonaktifkan fitur Handoff pada iPhone anda

Apabila anda pengguna iPhone yang tidak memiliki Mac atau perangkat Apple lainnya (selain iPhone anda), silahkan matikan saja fitur Handoff -- karena anda tak akan memerlukannya.

Adapun cara mematikan Handoff pada iPhone bisa dilakukan dengan membuka menu Settings > General > Handoff > dan matikan.


13. Atur penggunaan data seluler pada aplikasi tertentu

Guna menghemat baterai iPhone, anda perlu mengatur penggunaan data seluler pada aplikasi tertentu. Contohnya anda bisa mengatur data seluler pada Photos, yakni dengan membuka Settings > Photos > dan matikan Photo stream, Photo sharing, dsb.

Apabila anda menggunakan fitur ini, tap "Data Seluler" dan pastikan anda atur ke Off agar proses upload foto hanya dilakukan saat terhubung ke wifi saja.

Selain Photos, anda juga bisa mengatur iTunes dan App Store agar mengatur Opsi 'Data Seluler' ke posisi off.


14. Nonaktifkan fitur Analytics pada iPhone anda

Fungsi fitur Analytics pada iPhone adalah untuk mengirimkan data analytics ke Apple ataupun Developer untuk peningkatan produk dan layanannya. Apabila anda lebih mengutamakan penghematan baterai, maka anda bisa menonaktifkan fitur ini.

Untuk mematikan fitur Analytics pada iPhone bisa dilakukan dengan membuka menu Settings > Privacy > dan analytics. Kemudian atur posisi di setiap opsi ke 'off' untuk mengurangi aktivitas transfer data di iPhone anda.


15. Kurangi Notifikasi aplikasi yang tak terlalu penting

Tidak semua aplikasi harus aktif notifikasinya. Selain mengganggu, notifikasi yang terlalu banyak bisa menguras baterai iPhone anda.

Maka dari itu, kurangi lah penggunaan notifikasi dengan mematikan notif untuk aplikasi yang tidak anda gunakan. Caranya, silahkan buka menu Settings > Notifications > dan matikan notifikasi dari aplikasi yang tidak anda perlukan.


16. Matikan Auto Brightness (Kecerahan Otomatis) pada tampilan iPhone anda

Apabila anda ingin menghemat baterai iPhone, mematikan Auto Brightness bisa menjadi salah satu cara yang perlu anda lakukan. Ketahuilah, Auto Brightness yang aktif bisa membuat baterai iPhone anda menjadi lebih boros atau lebih hemat, tergantung bagaimana anda mengatur manual brightness-nya.

Ada bisa mematikan fitur ini melalui menu Settings > General > accessibility > Display accomodations > Auto Brightness > off. Jangan lupa untuk mengatur brightness secara manual melalui control center.


17. Ganti Dynamic / Live Wallpaper dengan Wallpaper Statis

Tampilan yang keren pada iPhone terkadang berlawanan dengan awetnya baterai. Hal itu berlaku pada wallpaper yang digunakan, yang mana wallpaper dynamic/live memiliki tampilan yang keren -- namun boros baterai.

Apabila anda lebih mengutamakan baterai ketimbang tampilan, silahkan ganti wallpaper anda dengan yang biasa -- yakni dengan buka settings > wallpaper > choose a new wallpaper > dan pilih stills wallpaper atau cukup pilih foto statis dari galeri.


18. Nonaktifkan fitur Fitness Tracking

Apabila anda tak pernah menggunakan iPhone anda untuk kegiatan olahraga ataupun tak pernah menggunakan fitur fitness tracking, lebih baik anda matikan saja fitur tersebut. Caranya silahkan anda buka Settings > Privacy > Motion & Fitness > dan matikan Fitness Tracking.

Dengan menonaktifkan fitur Fitness Tracking, maka baterai iPhone anda lebih awet karena iPhone anda tak perlu 'susah payah' mengakses berbagai sensor untuk mendapatkan data seperti jumlah langkah, dan lain sebagainya.


19. Matikan Getaran iPhone, jika tak terlalu penting

Apabila iPhone anda sudah menggunakan nada dering, lebih baik matikan saja getaran HP, agar bisa menghemat baterai.

Adapun cara mematikan getaran iPhone, silahkan buka Settings > Sound & Haptic > dan anda bisa mematikan getar ketika ponsel berdering di opsi Vibrate on ring.

Lain halnya jika iPhone anda selalu berada dalam keadaan silence (tanpa nada dering), silahkan aktifkan getaran pada iPhone anda.


20. Segera matikan Personal Hotspot jika tidak digunakan lagi

Tips menghemat baterai selanjutnya adalah, segera matikan personal hotspot iPhone anda setelah digunakan. Jika tidak dimatikan, fitur ini bisa membuat baterai iPhone anda cepat habis.

Adapun cara mematikan Personal Hotspot bisa dilakukan dengan membuka menu Settings > Personal hotspot > dan matikan.


21. Jangan Menutup Aplikasi di App Switcher?

Pada tips sebelumnya, tepatnya pada poin ke-5 tertulis 'Tutup Aplikasi yang Tak Terpakai' agar baterai iPhone lebih hemat.

Cara di atas tak sepenuhnya benar, tapi juga tak sepenuhnya salah. Anda harus memilih dan memilah aplikasi apa yang harus ditutup, dan aplikasi apa yang dibiarkan terbuka.

Untuk aplikasi yang harus ditutup biasanya yang sudah lama tak dipakai dan jarang dipergunakan. Sedangkan untuk aplikasi yang sering anda buka, biarkan saja tetap terbuka (jangan ditutup).

Ketahuilah, banyak pengguna iPhone menutup aplikasi di app switcher agar tidak membebani resource, dengan harapan baterai iPhone bisa lebih awet. Cara ini tak sepenuhnya benar, bahkan bisa berimbas sebaliknya — yakni mengakibatkan baterai iPhone jadi lebih boros.

iOS bakal otomatis mensuspend aplikasi di app switcher saat tidak digunakan, dan melanjutkannya jika anda gunakan lagi. Jadi sebenarnya aplikasi di app switcher tidak membebani iPhone.

Sebaliknya, jika anda meng-close semua aplikasi, maka saat anda ingin membuka aplikasi itu kembali, iPhone akan me-load dari awal dan ini malah makin membebani resource, dan bisa membuat baterai jadi makin boros.

Maka dari itu, anda tak perlu close semua aplikasi di app switcher, apalagi aplikasi tersebut bakal anda buka setiap saat (seperti aplikasi medsos, chat, dll).





Baca juga:



Itulah dia penjelasan tentang 21 tips dan cara menghemat baterai iPhone agar tidak cepat habis. Selamat mencoba! (fa)


(Sumber: Liputan6.com  dan Macpoin.com)



Baca Juga