Skip to main content

Cara Menjadikan iPhone Sebagai Remote Control TV

iOSpedia.net - Selain sebagai smartphone, iPhone ternyata bisa digunakan untuk hal lainnya di kehidupan sehari-sehari.

Setelah sebelumnya dijelaskan tentang cara menjadikan iPhone sebagai kamera CCTV, kali ini ada 1 lagi kegunaan iPhone yang akan dipaparkan -- yakni sebagai remote TV.

Bagi anda yang penasaran, kali ini akan kami jelaskan tutorial cara menjadikan iPhone sebagai remote TV.

Seperti apakah?


tutorial cara menjadikan iphone sebagai pengganti remote tv di rumah
Trik menjadikan iPhone sebagai remote TV


UPDATE:

Saat ini iPhone mendukung fungsi remote untuk semua TV , alias tak hanya untuk Apple TV. Syaratnya, TV yang digunakan harus memiliki wifi -- karena mengoneksikan iPhone ke TV harus menggunakan wifi.

Ada beberapa aplikasi yang bisa didownload untuk mendukung fungsi tersebut, dan pilihan aplikasinya menyesuaikan merk TV yang anda miliki.

Berikut ini daftar aplikasinya:

1. Apple Remote TV Apps
2. Samsung Smart View
3. Panasonic TV Remote 2
4. LG TV Remote
5. Phillips MyRemote
6. Android TV
7. AnyMote
8. Sonymote
9. RemoteMaster

10. Universal Remote TV Smart.


Apakah iPhone benar-benar bisa dijadikan remote TV?

Jawabannya tentu saja YA.

Akan tetapi, "kemampuan" ini hanya berlaku untuk tvOS alias Apple TV.

Jadinya untuk TV konvensional, iPhone tidak bisa dijadikan remote untuk TV tersebut.


Perlu anda ketahui, jika dibandingkan iOS, macOS maupun WatchOS, tvOS paling sedikit membawa fitur baru. Meski begitu, ada 1 hal menarik yang dimiliki tvOS, yakni mampu mengubah iPhone menjadi remote control TV.

Fitur ini sudah dirilis sejak akhir 2016 silam -- yakni sebuah aplikasi bernama Apple TV Remote App yang tentunya mendukung untuk tvOS. Dengan aplikasi Apple TV Remote App, pengguna dapat mengontrol perangkat Apple TV menggunakan iPhone mereka.

Senior Vice President of Internet Software and Services Apple pernah berucap bahwa banyak konsumen yang mengakui kalau mereka akan menyukai aplikasi pada iPhone yang punya kemampuan seperti remote Siri. Pihak Apple pun akhirnya mewujudkan itu melalui aplikasi Apple TV Remote App.

Perlu diketahui, semua fungsi remote Siri tersedia pada aplikasi Apple TV Remote App. Sebagai tambahan fiturnya, pengguna juga bisa menggunakan keyboard pada iPhone untuk memasukkan teks.

Selain adanya Apple TV Remote App, tvOS turut membawa peningkatan kemampuan Siri. Kini asisten digital itu dibuat lebih mahir dan canggih.

Siri bahkan telah mendukung lebih dari 650 ribu film dan tanyangan TV. Selain itu anda juga dapat mencari video di YouTube, bahkan anda juga dapat memutar channel secara live.


Baca juga:

3 Cara unlock iCloud iPhone yang bisa anda usahakan


Itulah dia informasi singkat tentang tutorial cara menjadikan iPhone sebagai remote control TV.

Beruntungnya, saat ini iPhone juga mendukung untuk semua merk TV (tak hanya Apple TV). Namun TV yang anda miliki harus memiliki koneksi wifi agar bisa terhubung dengan iPhone anda. (af)


Baca Juga