Skip to main content

Cara Menyalakan iPhone yang Mati Total dan Tak Bisa Dicharge

iOSpedia.net - Artikel kali ini ditujukan bagi anda yang mengalami iPhone tiba-tiba mati total, dan bahkan tidak bisa dicharge.

Mungkin anda sedang mengalami hal buruk tersebut, dan sedang mencari-cari solusinya.

Kabar baiknya, di artikel kali ini kami akan mengulas tentang cara menyalakan iPhone yang mati total dan tak bisa dicharge.

Silahkan disimak baik-baik.


bagaimana cara menyalakan iPHone yang mati total dan tak bisa dicharge
Bagaimana cara menyalakan iPhone mati total dan tak bisa dicharge?



Trik dan cara memperbaiki iPhone yang mati total

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyalakan kembali iPhone yang mati total dan tak bisa dicharge, antara lain:


1. Pertama-tama restart iPhone anda

Langkah pertama dan yang paling mudah dilakukan adalah, me-restart iPhone anda. Adapun cara restart iPhone berbeda-beda berdasarkan tipenya masing-masing:

- Pada iPhone X, 8 dan 8 Plus: tekan secara berurutan, tekan lepas volume atas, lalu tekan lepas volume bawah, kemudian tekan dan tahan tombol samping hingga logo Apple muncul.

- Pada iPhone 7 dan 7 Plus: tekan dan tahan tombol samping + Volume Turun selama minimal 10 detik, sampai logo Apple muncul, baru lepas tombolnya.

- Pada iPhone 6s, 5 dan sebelumnya: tekan dan tahan tombol Home + tombol Atas (power) selama minimal beberapa detik, tunggu hingga logo Apple muncul baru lepas tombolnya.

Cara restart iPhone di atas sifatnya adalah "restart paksaan". Meski begitu, hal itu tak akan berpengaruh pada file atau data yang tersimpan di iPhone anda.

Apabila cara ini berhasil, jangan langsung pergunakan iPhone anda -- melainkan diamkan dulu beberapa saat.

Jika sesudah restart iPhone anda masih belum menyala, mari lakukan langkah berikutnya.


2. Jika masih gagal, sambungkan iPhone ke iTunes

Jika "restart paksa" iPhone tidak berhasil, maka langkah berikutnya yang bisa anda lakukan adalah -- menyambungkan iPhone anda ke iTunes via PC / Mac. Dengan cara ini, otomatis iTunes bisa mendeteksi permasalahan yang terjadi pada iPhone -- kemudian memperbaharui atau memulihkan iPhone anda.

Cara ini memanfaatkan fitur recovery mode, yang juga berguna untuk mengatasi iPhone yang mengalami hang.

Lantas, bagaimana cara menyambungkan iPhone ke iTunes?

Caranya adalah, pertama-tama anda harus memiliki ID Apple, kemudian silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

- Sambungkan iPhone ke Mac / laptop / komputer menggunakan kabel data iPhone

- Selanjutnya, buka iTunes yang ada di komputer anda. Jika anda belum memilikinya, silahkan download apps iTunes via website resmi apple www.apple.com/itunes/download

- Lakukan metode restart seperti pada cara pertama (tekan dan tahan tombol iPhone hingga ke luar logo Apple), jangan lepaskan tombol hingga masuk ke mode pemulihan / recovery mode

- Pilih tulisan "Perbaharui", dan secara otomatis iTunes akan mengunduh dan menginstal ulang iOS pada iPhone anda, namun tak akan mengubah atau menghapus data di dalamnya.


3. Pulihkan iPhone mati mendadak

Masih melanjutkan langkah di nomor 2 -- yakni pada iPhone recovery mode. Jika pada iTunes di komputer anda tidak ada pilihan "Perbaharui", maka pilihlah opsi "Pulihkan". Namun cara ini akan membuat semua data, file, dan pengaturan pada iPhone anda akan hilang. Alhasil, sebelum melakukan langkah ini -- ada baiknya backup iPhone anda di iCloud.

Apabila proses mengunduh lebih dari 15 menit maka iPhone akan keluar dari mode recovery, dan silahkan ulangi restart perangkat dan pulihkan.


4. Datangi tukang servis iPhone

Jika segala cara sudah anda lakukan, namun iPhone anda masih mati total, maka satu-satunya cara yang anda lakukan adalah mendatangi tukang servis khusus iPhone.

Alangkah baiknya lagi jika anda mendatangi Service Center yang sudah tersertifikasi oleh pihak Apple.

Namun, jika tidak ada Service Center yang tersertifikasi oleh Apple, silahkan pergi ke tempat service terpercaya di kota anda. Kalau bisa yang khusus menangani produk-produk keluaran Apple (spesialis iOS).

Selebihnya silahkan tunggu iPhone anda hingga selesai diperbaiki.


Baca juga:

Pertolongan pertama untuk iPhone yang masuk air


Itulah dia tutorial cara menyalakan kembali iPhone yang mati total dan tak bisa dicharge sama sekali.

Semoga bermanfaat, dan good luck! (fa)



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]