--> Skip to main content


Apa Itu Payment Gateway dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

Sejak era teknologi informasi semakin maju, konsumen tidak lagi memilih pergi ke mall untuk mencari produk. Konsumen cukup menghabiskan waktu di rumah atau kantor untuk berbelanja secara online. Kemudian, yang menarik adalah kemudahan dalam sistem pembayaran. Tidak perlu antri di bank melainkan melalui layanan pihak ketiga yang disebut payment gateway.

Payment gateway adalah pihak ketiga yang membantu proses pembayaran agar bisnis online semakin mudah. Ia akan melakukan otorisasi pembayaran dengan berbagai metode pembayaran. Di antaranya kartu debit, kartu kredit, gerai retail, e-wallet, dan virtual account.

Payment gateway adalah layanan yang cukup penting bagi dunia bisnis. Hampir semua e-commerce memanfaatkannya agar proses pembayaran cepat. Baik pebisnis maupun konsumen, kehadirannya merupakan layanan termutakhir yang membuat bisnis online kian bergairah.



 

Manfaat Payment Gateway bagi Pebisnis


1. Proses Transaksi Kian Mudah

Yang paling diinginkan pebisnis agar bisa fokus dalam pengembangan bisnis, salah satunya proses transaksi. Pebisnis tidak menginginkan waktu lama dalam menerima pembayaran. Maka, payment gateway adalah layanan terbaik untuk mewujudkannya. Prosesnya singkat, cepat, dan tepat.

Dengan menggunakan layanan tersebut, menariknya pebisnis dapat menyelesaikan transaksi lebih dari satu kali dalam satu waktu. Sehingga, pebisnis tidak akan kerepotan dan bisa tetap fokus melayani konsumen lain.

 

2. Aman dari Tindak Kejahatan

Inilah alasan mengapa banyak e-commerce mengandalkan payment gateway dalam menerima pembayaran. Keamanan transaksi menjadi keunggulannya yaitu dapat mengurangi resiko, mencegah hingga mengabaikan transaksi yang mencurigakan. Apalagi dilengkapi dengan teknologi fraud detection. Sehingga, pebisnis tidak perlu khawatir mengenai proses pembayaran.

Baca Juga: Mencegah Fraud Kartu Kredit pada Toko Online Anda

Maka, payment gateway adalah pihak ketiga yang mampu mengamankan transaksi Anda. Tidak perlu khawatir sebab segala percobaan tindak kejahatan tidak mampu dilakukan selama pebisnis memanfaatkannya dengan baik.

 

3. Mudah Menerima Pembayaran

Kini, pebisnis tidak perlu repot untuk menyediakan berbagai rekening dalam proses pembayaran. Sebab, payment gateway mampu menerima pembayaran dari berbagai rekening. Sehingga, Anda tidak perlu panik apalagi bingung saat melakukan transaksi pembayaran. Layanan ini adalah pilihan tepat bagi pebisnis online.

 

Manfaat Payment Gateway bagi Konsumen


1. Mudah Mengirim Pembayaran

Tersedianya berbagai metode pembayaran mulai dari gerai ritel, kartu kredit, kartu debit, virtual account, hingga e-wallet maka belanja online kian menyenangkan. Pilihan yang beraneka ragam membuat konsumen tidak perlu bingung saat mengirim pembayaran. Kemudahan dalam bertransaksi adalah keunggulan utama payment gateway.

 

2. Mampu Mengetahui Rincian Transaksi

Kekhawatiran akan proses pembayaran yang tersendat tidak akan dialami oleh konsumen. Sebab, konsumen dapat mengetahui rincian transaksi di halaman proses transaksi. Sehingga, proses pembayaran terpantau apakah telah melalui payment processor atau sudah sampai mendapatkan kode khusus darinya.

 

Keamanan Transaksi Payment Gateway

Payment gateway adalah layanan dari pihak ketiga yang menyediakan keamanan transaksi bagi bisnis online. Selain itu, jaminan yang berupa sertifikat dari Bank Indonesia membuat pebisnis tidak ragu menggunakannya. Lalu, apa saja jaminan keamanan yang ditawarkan payment gateway?

a. 3D Secure Password: Sebuah alat yang digunakan untuk melakukan otorisasi pembayaran.

b. Card Security Code (CV2): Segala bentuk transaksi memerlukan tiga digit terakhir di bagian kartu kredit atau debit agar proses pembayaran berjalan aman.

c. Address Verification System (AVS): Segala macam rincian transaksi akan terekam dan diperiksa sesuai dengan alamat kartu.


Ketika Anda memahami tentang payment gateway, pilihlah yang sesuai untuk kebutuhan bisnis. Sebagai rekomendasi, Xendit adalah payment gateway Indonesia yang mampu menerima dan mengirim pembayaran dengan mudah, aman, dan cepat.

Baca Juga: Peran Payment Gateway dalam Menerima Pembayaran Melalui Virtual Account

Menerima pembayaran sesuai dengan preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bagi bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail dan cicilan tanpa kartu kredit.


Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!


Tag: payment gateway adalah, bisnis online, payment gateway, metode pembayaran


Baca Juga