--> Skip to main content


     Cari info lainnya:

  

3 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, Apa Saja?


Dewasa ini persaingan bisnis di berbagai bidang semakin ketat, pemilik bisnis akan mengupayakan apapun untuk membuat bisnisnya terus berkembang. Pelanggan merupakan aspek terpenting dalam sebuah bisnis, bahkan  bisa dikatakan bahwa pelanggan  adalah suatu harta yang paling berharga untuk Anda para pelaku bisnis. Maka dari itu pelanggan setia merupakan sebuah kunci penting untuk menjaga aliran pendapatan bisnis Anda. Membuat konsumen menjadi loyal kepada Anda merupakan sebuah tantangan yang lebih sulit jika dibandingkan dengan menarik pelanggan yang baru untuk membeli produk pada sebuah bisnis. Kalau begitu, bagaimana ya caranya mempertahankan dan bahkan meningkatkan loyalitas pelanggan? Simak penjelasan berikut ini untuk cari tahu caranya, yuk!


Tips Penjualan Melesat dengan Meningkatkan Loyalitas Pelanggan


Menjaga Kualitas Pelayanan

Tips pertama untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah menjaga kualitas pelayanan pada bisnis Anda. Tidak bisa dipungkiri, bahwa pelayanan yang baik adalah sebuah aset untuk mengembangkan bisnis di era digital ini. Mengingat memiliki produk yang berkualitas tidaklah cukup. Sebuah bisnis juga harus memberikan pelayanan yang prima untuk meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga menciptakan loyalitas pelanggan. Pelayanan yang baik dapat dimulai dari hal sederhana seperti merespon konsumen pada bisnis secara cepat dan tanggal. Kedua, mendengarkan segala keluhan atau masukan dari pelanggan Anda. Ketiga, ramah dan jaga kesopan agar pelanggan semakin nyaman bertransaksi pada toko Anda. Pelayanan yang baik, tidak hanya harus diterapkan pada toko offline saja, namun pada platform sosial media sekali pun. Pastikan untuk memberikan pelayanan terbaik pada 



Berikan Reward untuk Pelanggan

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan mereka hadiah atas loyalitasnya. Karena itu, buatlah program loyalitas alias loyalty program sebagai bentuk hadiah ataupun apresiasi dari Anda karena pelanggan yang sudah memilih produk atau jasa yang ditawarkan bisnis Anda. Program loyalitas yang bisa Anda terapkan misalnya diskon khusus di hari ulang tahun, produk gratis setelah pelanggan mencapai angka atau jumlah pembelian tertentu, voucher khusus, dan sebagainya. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara mengirim pesan melalui email, sosial media, hingga sms. Jadi, pastikan untuk memiliki data pelanggan pada bisnis untuk mensukseskan program loyalitas bisnis Anda.  Selain membuat pelanggan loyal terhadap bisnis Anda, reward juga dipercaya mampu membentuk citra dari perusahaan sehingga akan terjadinya spread the good words ke khalayak atas bisnis Anda.


Minta dan Dengarkan Saran dari Pelanggan

Sebagai pemilik bisnis, Anda barangkali merasa bahwa Anda lah yang paling tahu apa yang paling dibutuhkan bisnis Anda. Akan tetapi, sebenarnya untuk siapa lagi Anda menciptakan sebuah produk atau jasa kalau bukan pelanggan? Oleh karena itu, penting bagi bisnis Anda untuk meminta dan mendengarkan apapun feedback yang datang dari pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa lakukan tindakan perbaikan atau peningkatan yang tepat dan sesuai kebutuhan pelanggan. Lebih lanjut lagi, cara ini akan membuat pelanggan Anda merasa bahwa masukan dari mereka memang didengarkan dan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan produk. Jadi, mereka juga akan memiliki perasaan bahwa mereka berkontribusi dan terlibat dalam proses bisnis Anda lewat feedback tersebut.


Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sulit untuk didapatkan dalam yang singkat, maka dari itu sebagai pelaku bisnis kita harus dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen. Memiliki pelanggan yang setia dan loyal merupakan sebuah cara meningkatkan penjualan paling ampuh lho. Selamat mencoba!


Baca Juga
> Jual iPhone 11 Harga 3 Juta
> Jual iPhone 12 Harga 3 Juta
> Jual iPhone 13 Harga 5 Juta
> Jual iPhone 14 Harga 7 Juta
> Jual iPhone 15 Harga 9 Juta

Author Image

Author



close