Skip to main content

Perbedaan LCD iPhone Original vs LCD iPhone OEM

iOSpedia.net - Setelah sebelumnya membahas tentang perbedaan LCD iPhone original dengan LCD iPhone KW/Grade, di artikel kali ini kami akan membahas tentang perbedaan LCD iPhone original / ori dengan LCD iPhone OEM.

Perlu anda ketahui, kualitas LCD iPhone OEM tentu berada di atas LCD iPhone KW/Grade -- bahkan bisa dibilang setara dengan LCD iPhone yang ori. Meski begitu, terdapat beberapa perbedaan antara LCD iPhone ori vs LCD iPhone OEM.

Lantas, seperti apakah perbedaannya?



Perbedaan LCD iphone original dengan lcd iphone yang oem


LCD iPhone original vs LCD iPhone OEM

Perbedaan LCD iPhone original ori vs LCD iPhone OEM

Meskipun memiliki kualitas yang hampir sama, terdapat beberapa perbedaan antara LCD iPhone original dengan LCD iPhone OEM, antara lain:


1. Perbedaan Kultur

Sebagian besar LCD iPhone diproduksi untuk pasar Asia. Ada beberapa perbedaan seperti penggunaan istilah yang digunakan untuk penggantian sparepart ponsel.

Sebagai contoh, istilah OEM (Original Equipment Manufacturer) sepertinya lebih banyak digunakan di Asia di mana orang Amerika cenderung mengatakan "Asli" atau "Original."


2. Cara Pemasaran

Teknik pemasaran yang variatif biasa "memelintirkan" istilah-istilah kualitas produk, tak terkecuali untuk sparepart LCD iPhone.

Ada yang menyebutkan istilah "100 persen original", kemudian ada juga yang menyebutkan kualitas OEM, grade A, grade B, dan lain sebagainya.

Bahasa-bahasa di atas adalah "bahasa pemasaran" agar produk yang dijual terkesan memiliki beberapa tingkatan kualitas.


3. Pelanggaran hak cipta merek

Yang berhak menjual sparepart asli iPhone (original buatan Apple) adalah pihak ketiga yang sudah mendapatkan izin / lisensi dari Apple. Mereka yang dimaksud biasa disebut Apple Premium Reseller dan Apple Authorized Reseller.

Kebanyakan seller yang menjual sparepart Apple di marketplace tidak mendapatkan izin / lisensi untuk menjualkan produk original Apple. Maka dari itu ada banyak variasi / istilah untuk membedakan kualitas sparepart yang asli dengan yang tidak.

Istilah-istilah yang dimaksud meliputi:

- OEM

- Grade A Copy

- High Copy

- High Copy A Class

- Grade A

- Grade A +

- Grade AAA Ori

dan masih banyak lagi.


LCD iPhone misalnya, terdiri dari banyak komponen, seperti kaca, kabel fleksibel, dan lain sebagainya. Untuk yang OEM, ada sebagian besar komponen asli yang tertanam di dalamnya, meski tidak semuanya (kalau semua komponen asli berarti original).

Sedangkan untuk yang grade A ke bawah, kemungkinan ada beberapa persen komponen saja yang asli, selebihnya buatan pihak ketiga.

Bahkan untuk "grade terbawah" semua komponen pembentuk LCD adalah buatan pihak non-Apple.




Itulah dia penjelasan tentang perbedaan antara LCD iPhone yang original dengan LCD iPhone yang OEM.

Pada dasarnya, kualitas kedua jenis LCD tersebut nyaris setara. Hanya saja, untuk kepentingan hak cipta, izin distribusi, dan sebab lainnya -- istilahnya pun dibedakan satu sama lain.

Semoga bermanfaat! (fa)


Baca Juga