Skip to main content

Cara Menjadikan iPhone Sebagai Personal Hotspot (Modem)

iOSpedia.net - Fungsi iPhone sangatlah serbaguna. Tidak hanya bisa sebagai remote TV, remote AC, dan webcam, gadget besutan Apple itu juga bisa dijadikan sebagai personal hotspot alias modem.

Dengan menjadikan iPhone sebagai personal hotspot / modem, maka iPhone bisa berbagi koneksi internet ke perangkat lain, seperti smartphone, PC, hingga tablet. Bahkan, fungsinya pun bisa langsung dikoneksikan ke beberapa gadget sekaligus.

Yang jadi pertanyaan, seperti apa cara menjadikan iPhone sebagai personal hotspot (modem)?

Silahkan simak tutorialnya berikut ini!


tutorial cara menjadikan iphone sebagai personal hotspot atau modem
Cara menjadikan iPhone sebagai personal hotspot


Cara megatur hotspot pribadi pada iPhone

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur hotspot pribadi pada iPhone anda, yaitu:

1. Pada iphone anda, silahkan buka menu Pengaturan > Seluler atau Pengaturan > Hotspot Pribadi.

2. Ketuk pada Hotspot Pribadi, lalu ketuk penggeser untuk menyalakannya (menjadi warna biru).

3. Jika pilihan Hotspot Pribadi tidak ditampilkan, hubungi operator untuk memastikan bahwa anda dapat menggunakan Hotspot Pribadi dengan paket.

4.  Anda memiliki beberapa pilihan untuk tersambung ke Hotspot Pribadi, yaitu dengan Wi-Fi, Bluetooth, atau USB


Setelah anda berhasil mengaktifkan hotspot pribadi, maka bar status (bagian paling atas iPhone) akan berubah menjadi biru. Di sana akan menampilkan sebuah angka yang merupakan jumlah dari perangkat yang terkoneksi melalui hotspot pribadi iPhone anda.

Apabila perangkat lain yang bergabung dengan hotspot pribadi anda menggunakan metode wifi, anda hanya dapat menggunakan data seluler untuk tersambung ke Internet dari perangkat host.


Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan tiap metode sambungan hotspot pribadi, antara lain:


1. Melalui Wifi

Silahkan buka menu Pengaturan > Seluler > Hotspot Pribadi atau Pengaturan > Hotspot Pribadi dan pastikan fungsi tersebut telah dinyalakan. Selanjutnya verifikasikan password wifi dan nama ponsel anda dan jangan tutup layar sampai anda bisa menghubungkan perangkat lain ke jaringan wifi iPhone anda.

Di perangkat yang akan disambungkan ke iPhone, silahkan buka menu Pengaturan > Wi-Fi. Selanjutnya cari nama iPhone yang tadi sudah dibuat, kemudian ketuk jaringan wifi untuk bergabung. Masukkan kata sandi yang tadi telah dibuat agar bisa tersambung ke hotspot pribadi iPhone tersebut.


2. Melalui Bluetooth

Jika anda ingin menyambungkan hotspot pribadi iPhone via Bluetooth, silahkan buka menu Pengaturan > Bluetooth dan jangan tutup layar tersebut. Untuk hotspot pribadi via Bluetooth hanya yang mendukung koneksi bluetooth dengan iPhone, seperti Mac, PC, iPad, dan perangkat pihak ketiga lainnya.


3. Via USB

Untuk menyambungkan hotspot pribadi iPhone via USB, pastikan anda sudah memiliki iTunes versi terbaru di Mac atau PC anda. Selanjutnya sambuntkan iPhone anda ke Mac atau PC menggunakan kabel USB iPhone yang kompatible.

Jika nanti ada tulisan yang isinya "Percayai Komputer ini?", silahkan ketuk "Percayai".

Maka komputer anda pun bisa tersambung ke internet menggunakan hotspot pribadi dari iPhone anda.


Baca juga:

Cara menjadikan iPhone sebagai kamera CCTV menggunakan aplikasi gratis


Itulah dia tutorial cara menjadikan iPhone sebagai personal hotspot / modem, via wifi, bluetooth, dan USB.

Dengan menggunakan cara di atas, anda bisa berbagi jaringan internet ke teman-teman anda yang mungkin saja sedang kehabisan kuota -- dan sedang dalam keadaan urgent.

Semoga bermanfaat! (fa)


Baca Juga