Skip to main content

Berapa Lama Daya Tahan Pemakaian Baterai iPhone?

iOSpedia.net - Para pengguna iPhone sering bertanya, berapa lama daya tahan pemakaian baterai iPhone?

Hal ini sangat penting karena baterai merupakan komponen fundamental dalam sebuah smartphone, tak terkecuali iPhone. Dengan baterai yang "strong" tentunya pengalaman menggunakan iPhone akan lebih memuaskan.

Lantas, berapa lama daya tahan pemakaian baterai iPhone?

Selengkapnya akan diulas di sini!


lama daya tahan pemakaian baterai iphone berapa jam
Baterai iPhone tahan berapa jam?


Memahami kinerja baterai iPhone

Pada dasarnya iPhone didesain untuk memberikan pengalaman penggunaan yang simpel dan mudah. Hal itu karena iPhone selalu menjadi yang terdepan (pioneer) dalam memperkenalkan teknologi baru smartphone. Hal ini tentunya sangat berpengaruh dengan kinerja baterai, karena teknologi yang semakin rumit nan canggih tentu akan menuntut penggunaan baterai yang lebih besar.

Baterai adalah teknologi yang rumit, serta ada banyak variabel yang mempengaruhi kinerja baterai pada iPhone anda.

Yang namanya baterai memiliki masa yang dinamis, jadi tidak bisa menentukan lama daya tahan pemakaian baterai iPhone -- karena hal itu bergantung pada masa pakai (umur) baterai.

Tak hanya baterai iPhone, baterai untuk semua jenis gadget memiliki kemungkinan penurunan kinerja seiring masa pakai yang lama. Alhasil baterai tersebut perlu diservis atau bahkan diganti dengan yang baru.


Umumnya baterai iPhone yang masih baru memiliki masa pakai yang lebih lama, bahkan cukup 1 kali dicharge dalam sehari (tapi tetap tergantung pemakaian). Tetapi kalau umur baterai sudah lama dan mengalami penurunan kinerja, bisa berkali-kali dicharge dalam sehari.

Baterai iPhone admin saja sehari bisa 5 kali dicharge, jika digunakan browsing atau main game online terus-menerus. Sebaliknya jika iPhone dalam keadaan standby, iPhone cukup dicharge 1 kali sehari. Perlu diketahui, umur baterai iPhone tersebut sudah lebih dari 2 tahun.


Faktor yang mempengaruhi umur baterai

Ada satu faktor yang berpengaruh pada kekuatan dan umur baterai iPhone, yakni aktivitas yang anda gunakan pada iPhone tersebut. Umur baterai berkaitan erat dengan usia kima dari baterai tersebut. Faktor yang mempengaruhi bukan hanya masa pakai, melainkan juga dipengaruhi oleh jumlah siklus pengisian daya dan cara merawat baterai tersebut.

Anda perlu beberapa cara untuk membuat baterai anda awet. Sebagai contoh, isi daya iPhone setengah jika disimpan dalam jangka waktu yang lama, hindari menaruh iPhone di tempat yang panas, termasuk terkena paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, dan lain sebagainya. Selengkapnya silahkan baca di >> 20+ Langkah yang dilakukan agar baterai iPhone awet.


Seperti yang kita tahu, sifat "baterai isi ulang" adalah komponen yang pasti akan mengalami masa "habis pakai". Dan pada prosesnya akan perlahan mengalami "penurunan kinerja" jika "usia kimianya" sudah menua.

Bergantung dari lama waktu saat waktu pembuatan iPhone sampai diaktifkan, kapasitas baterai Anda akan berkurang sedikit dari 100%. Baterai akan didesain menyimpan hingga 80% kapasitas awalnya di 500 siklus pengisian ulang lengkap saat beroperasi dalam keadaan normal.


Perlu anda ketahui, baterai iPhone menggunakan teknologi litium ion. Jika dibandingkan dengan teknologi baterai generasi sebelumnya, beterai jenis litium ion bisa lebih cepat terisi, memiliki daya tahan lebih lama, serta memiliki kerapatan daya lebih tinggi. Selain itu, jenis baterai ini memiliki kekuatan baterai yang lebih tinggi namun dengan kemasan yang lebih ringan. Bisa dibilang teknlogi baterai isi ulang litium ion memberikan teknologi terbaik untuk iPhone anda.


Baca juga:

Cara membedakan iPhone rekondisi asli (Apple) dengan iPhone rekondisi palsu (distributor)


Itulah dia ulasan mengenai daya tahan pemakaian baterai iPhone secara umum. Ternyata masa pakai baterai iPhone bergantung pada aktivitas yang digunakan pada iPhone tersebut, serta "usia kimia" dari baterai tersebut.

Secara eksplisit masa pakai baterai iPhone cukup dinamis, jadi tak bisa dibilang secara pasti jumlah jam pemakaiannya. (fa)


Tag:
baterai iPhone kuat berapa jam
daya tahan pemakaian baterai iPhone


Baca Juga